Jumat, 23 Oktober 2015

pengantar teknologi informasi

PENGERTIAN SISTEM TEKNOLOGI

Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu sendiri. Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :
 
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya 

Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya 

Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli teknologi informasi :
  1. Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995) 
  2. Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)  
  3. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)  
  4. Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)  
  5. Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi

Teknologi Informasiadalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.


PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang
administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access.
Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya.
 Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
            Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
· Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
 Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
  1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
  2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
  3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
  4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
  5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di madrasah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka madrasah sebagai salah satu institusi pendidikan selain sekolah yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini terjadi, usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan madrasah dengan sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan BahasaInggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh. Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat iniDepdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besarbesaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
  1. Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolahsekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
  2. Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan daerah.
  3. Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.
Pengembangan TIK di Madrasah secara Mandiri
Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran di madrasah.  Mulai saat ini pihak madrasah dan Majlis Madrasah harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh. Ada beberapa poin untuk membuat suatu perencanaan pengembangan TIK, diantaranya:
  1. Mempersatukan visi dan misi pengembangan TIK yang ingin dicapai antara Kepala sekolah, guru dan majlis madrasah.
  2. Pembentukan Komite Teknologi (Organisasi Labkom) yang mandiri
  3. Mengidentifikasi infrastruktur lembaga, baik hardware, software maupun sistem dan jaringan yang sudah dimiliki
  4. Penentuan hardware dan software yang akan digunakan atau dikembangkan.
  5. Mengidentifikasi SDM yang dimiliki
  6. Menentukan bentuk pelatihan penguasaan TIK baik untuk guru dan staf lainnya.
  7. Adanya Time schedule yang jelas untuk pencapaian program
  8. Penentuan Investasi yang diperlukan secara berkala tiap tahun
  9. Mengidentifikasi perkembangan software dan kurikulum baru
  10. Mengadakan revisi perencanaan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi.
Dengan perencanaan yang matang, kita bisa mengembangkan TIK secara bertahap di madrasah agar tidak tertinggal dari sekolah lain. Program yang dibuat haru dilaksanakan secara berkelanjutan meskipun terjadi pergantian kepala dan majilis madrasah. Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software.Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
  1. Presentasi

    Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan
    untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi,
diantaranya:
  1. Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan.
  2. Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
  3. Perbanyak memasukkan gambar dan animasi
  4. Usahakan bentuk presentasi yang interaktif.

  1.  Demonstrasi
    Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat suatu film caracara melakukan suatu kegiatan misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.
    Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia). Sebagai contoh untuk menampilkan arah vektor dari perkalian silang kita bisa mengakses internet dengan alamat

  1.  Virtual Experiment
    Maksud dari virtual eksperimen disini adalah suatu kegiatan laboratorium yang dipindahkan di depan komputer. Anak bisa melakukan beberapa eksperimen dengan memanfaatkan software virtual eksperimen misalnya Crocodile Clips. Software ini bisa didownload di http://www.crocodileclips. com/s3_1.jsp , tetapi kita harus register dulu untuk mendapatkan active code yang berlaku untuk satu bulan.
    Metode ini bisa digunakan jika kita tidak mempunyai laboratorium IPA yang lengkap atau digunakan sebelum melakukan eksperimen yang sesungguhnya.



 Apa perbedaan Sistem informasi dan teknologi informasi ?



Sistem informasi di dalam perkembangan Dunia selalu memunculkan ide ide baru dari seorang programmer handal untuk menjadikan system informasi lebih efisien dan dalam keamanan lebih terpercaya untuk perkembangan dunia pendidikan , intertaiment dan Bisnis.
Sebelum berbicara jauh tentang perkembangan system informasi dan seorang software engineering kita akan membahas apa perbedaan dari system informasi dan teknologi informasi.
Definisi sistem informasi
Telah banyak kita ketahui tentang sitem informasi tanpa kita sadari, kita sering membaca Koran setiap pagi dalam bentuk online ataupun offline ,sering melihat televise atau mendengarkan radio itu semua merupakan system informasi. Banyak orang mengartikan system informasi dengan makna yang berbeda – beda menurut pandangan dan implementasinya. Berikut definisi dari berbagai sumber :
1.       Sistem informasi adalah sekumpulan dari software,hardware,brainware dan procedure yang di organisasikan secara integral untuk mengolah data dan dikumpulkan menjadi satu yaitu inforamsi untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
2.       Sistem informasi adalah kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi dan mengeluarkan output dalam bantuk gambar,suara maupun tulisan.
3.        Sistem informasi adalah proses yang menjalankan beberapa fungsi yaitu mengumpukan , menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu.
4.       Sistem informasi adalah kumpulan sub – sub sistem  yang saling berhubungan yang membentuk suatu komponen didalamnya yaitu input – proses – output yang mengolah data dan yang berguna untuk user.
Dari pendefinisian diatas saya menyimpulkan sistem informasi yaitu aktivitas user yang memberikan atau mengambil data untuk kepentingan user dalam bentuk perorangan atau kelompok dengan menggunakan sistem yaitu softaware dan hardware yang saling melengkapi satu sama lain baik dalam keadaan Online atau Offline.
Definisi Teknologi informasi :
Pengertian Informasi merupakan kumpulan data mentah yang disatukan dan diolah,sehingga informasi itu mempunyai value dan dan diterbitkan kedalam media informasi.
Dan teknologi yaitu ilmu yang berkaitan dengan seni dan sains dan diaplikasikan dengan pengetahuan sains dan dalam bentuk praktis.
Sehingga dapat kita simpulkan Teknologi informasi yaitu teknologi dalam bentuk software atau hardware yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan menyalurkannya kepada user, teknologi informasi merupakan perkembangan teknologi komputer yang dipadukan dengan teknologi komunikasi.
Perbedaan dari Sistem Informasi dan teknologi informasi yaitu sistem informasi lebih mengacu kepada pemaksimalan Software sedangkan Tteknologi informasi pemaksimalan lebih kepada Hardware.
Dari beberapa penjelasan diatas dapat diketahui banyak penafsiran arti dari sistem informasi itu sendiri, dari pengertian kita lanjutkan dengan perkembangan sistem informasi saat ini, kita pasti pernah tahu beberapa jenis sistem informasi misalnya : Sistem reservasi pesawat terbang , sistem reservasi kereta api , sistem penjualan kredit sepeda motor,Sistem akademik berbasis web, sistem E-Goverment dll. Sistem informasi diciptakan untukmemudahkan kegiatan manusia , pengefisienan waktu,ruang dan uang. Ini semua dapat tercapai manakala sistem informasi yang ada dapat mendukung semua aktivitas manusia dalam hal pendidikan, Bisnis maupun urusan pemerintahan.
Berikut tipe sistem informasi  :
  1. Transaction processing systems (TPS): Capture and record information about organization’s transactions (mengambil dan menimpan informasi tentang transaksi dalam sebuah kumpulan).
  2. Management information systems (MIS): Take information captured by TPS and produces reports for planning and control(mengambil informasi yang diambil dari TPS dan membuat laporan untuk perencanaan dan pengontrolan).
  3. Decision support / knowledge-based systems (DSS/KBS): Explore impact of available options or decisions (what-if scenarios)(mengekplorasi dampak pilihan yang cocokan atau keputusan).
  4. Enterprise applications: Highly integrated systems that support company-wide operations and data( sistem integrasi tinggi yang mendukung pengoperasian perusahaan yang besar dan data dari perusahaan).
  5. Communication support systems: Facilitate communication internally and with customers and suppliers (fasilitas komunikasi di kalangan internal dan dengan konsumen dan penyedia).
  6. Office support systems: Help employees create and share documents(membantu pekerja membuat dan membagikan dokumen ).
Contoh pengaruh Teknologi informasi dan sistem informasi dalam proses bisnis
1.       Aturan lama : Manajer membuat semua keputusan ; jenisteknologi informasinya: pendukung keputusan; hasil aturan baru: pembuatan Keputusan adalah bagian dari setiap orang.
2.       Aturan lama : hanya pakar yang dapat melaksanakan pekerjaan kompleks ; jenis Teknologi informasi :Sistem Pakar(Expert System); Aturan Baru : Orang awam dapat melakukan Pekerjaan Pakar.
3.       Aturan lama : Informasi hanya dapat muncul di satu tempat saja ; Teknologi informasinya: Berbagai sistem basis Data ; Aturan Baru :Informasi dapat di munculkan di banyak tempat secara bersamaan ketika diperlukan.
4.       Aturan lama : Pendaftar maupun Petugas memerlukan tempat untuk mengambil , menyimpan sebuah atau banyak data ; Teknologi informasi /Sistem informasinya: Sistem informasi pendaftaran SNMPTN ; Aturan Baru: pendaftar maupun petugas dapat mendaftar dimanapun dan kapanpun dia mau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar